Dicari, Orang Nomor Satu di Imigrasi
Aktual

Dicari, Orang Nomor Satu di Imigrasi

RED
Bacaan 2 Menit
Dicari, Orang Nomor Satu di Imigrasi
Hukumonline
Sukses dengan seleksi terbuka pengisian jabatan Irjen, Dirjen Pemasyarakatan, Dirjen Peraturan Perundang-undangan beberapa waktu lalu, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk mengikuti seleksi terbuka calon Direktur Jenderal Imigrasi (eselon I).

Seleksi terbuka ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan amanat UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Berdasarkan siaran pers yang diterima hukumonline, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) sekaligus Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana menyatakan bahwa open bidding kali ini dilakukan untuk mencari sosok yang memiliki pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang semua aspek keimigrasian, khususnya terkait perlintasan, pelayanan dan pengawasan keimigrasian.

Lebih lanjut Denny menjelaskan, bahwa tantangan imigrasi ke depan bakal semakin berat. Imigrasi memiliki peranan penting sebagai penjaga gerbang kedaulatan nusantara. Penyelundupan manusia, perdagangan orang, serta perdagangan narkoba antar negara membutuhkan penanganan optimal. ”Kita akan mencari sosok yang pastinya berintegritas, sekaligus mempunyai kapasitas untuk mengawal pelaksanaan tugas keimigrasian ke depan lebih baik”, terang Denny.

Untuk menjaring kandidat terbaik, serangkaian tes harus dijalani oleh para peserta. Diantaranya tes administrasi, tes tertulis, tes kesehatan,profile assessment, dan tes wawancara.  Pelaksanaan seleksi terbuka ini akan dilakukan oleh Pansel yang bertugas membantu Menteri Hukum dan HAM untuk memilih kandidat terbaik, yang selanjutnya akan diusulkan kepada Presiden.

Pansel Dirjen Imigrasi ini beranggotakan Y. Ambeg Paramarta (Sekjen Kemenkumham), Bambang Irawan (Dirjen Imigrasi Kemenkumham), Harkristuti Harkrisnowo (Dirjen AHU Kemenkumham), dan Bambang Harymurti (Tokoh Pers).   

Pendaftaran calon peserta dibuka mulai Senin, tanggal 11 September 2014 dan ditutup pada hari Jumat, 19 September 2014 pukul 16.00 WIB, bertempat di gedung Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Jl. Rasuna Said Kav. 6-7, Kuningan, Jakarta Selatan. Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan mengikuti seleksi terbuka ini, dapat diakses melalui situs www.kemenkumham.go.id.
Tags:

Berita Terkait