​​​​​​​Dari Dokumen Pengganti IMB Hingga Risiko Hukum Jika Pembagian Warisan Ditunda-tunda
10 Artikel Klinik Terpopuler:

​​​​​​​Dari Dokumen Pengganti IMB Hingga Risiko Hukum Jika Pembagian Warisan Ditunda-tunda

Ketentuan agar suami-istri bisa dirikan PT sampai tips terhindar dari kejahatan phising juga dibahas Klinik Hukumonline.

Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Hukumonline
Hukumonline

Klinik Hukumonline terus berupaya memberikan akses terhadap informasi hukum yang up-to-date dan terpercaya melalui berbagai artikel yang dikemas dengan ringkas dan mudah dicerna. Selain itu, informasi-informasi tersebut juga kami sajikan dalam bentuk infografis, video YouTube, dan ada pula layanan chatbot dengan Legal Intelligent Assistant (LIA).

Kamu juga bisa mendengarkan perbincangan isu hukum yang seru dan menarik melalui Hukumonline Podcast lewat berbagai platform podcast yang tersedia.

Berikut ini 10 artikel Klinik Hukumonline terpopuler di media sosial berdasarkan pemantauan tim Klinik selama sepekan terakhir. Mulai dari PBG yang jadi syarat administraif pembangunan gedung yang menggantikan IMB, hingga masalah hukum yang dapat terjadi jika pembagian warisan ditangguhkan. Jangan lupa klik masing-masing artikel ya!

  1. IMB Diganti PBG, Ini Sanksi Jika Bangunan Tak Memilikinya

Sejak diundangkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengubah, menghapus, dan memuat ketentuan baru dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, istilah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tidak lagi dikenal. Adapun istilah yang kini digunakan ialah Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Bagi pemilik bangunan gedung yang tidak memiliki persyaratan perizinan bangunan berupa PBG, dapat dikenai sanksi adminsitratif, denda hingga pidana penjara.

  1. Kekuatan Hukum MoU dan Bisakah Digugat Jika Melanggarnya?

MoU pada dasarnya merupakan perjanjian pendahuluan, yang mengatur dan memberikan kesempatan kepada para pihak untuk mengadakan studi kelayakan terlebih dahulu sebelum nantinya membuat perjanjian yang lebih terperinci dan mengikat para pihak.

Perihal kekuatan mengikat dan konsekuensi hukum dari adanya MoU, ada 2 pendapat berbeda mengenai hal ini. Artikel ini menjelaskan lebih lanjut perbedaan pendapat tersebut dan memberi penjelasan tambahan bahwa isi dari MoU juga turut berperan dalam menentukan konsekuensi hukum dari sebuah MoU.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait