Corporate Secretary Perlu Miliki Skill Manajemen Krisis Komunikasi
Terbaru

Corporate Secretary Perlu Miliki Skill Manajemen Krisis Komunikasi

Corporate secretary memegang peranan penting dalam perusahaan, salah satunya adalah menjembatani komunikasi antara perusahaan dengan pemangku kepentingan.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) menggelar talkshow dengan mengangkat tema Strategic Communications during Crisis, yang diselenggarakan di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (17/5). Foto: RES
Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) menggelar talkshow dengan mengangkat tema Strategic Communications during Crisis, yang diselenggarakan di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (17/5). Foto: RES

Indonesia Corporate Secretary Association atau ICSA merupakan asosiasi Sekretaris Perusahaan Indonesia yang telah didirikan sejak tahun 2008 silam. Pada tahun ini ICSA yang genap berusia 15 tahun mengadakan talkshow bagi corporate secretary untuk meningkatkan kompetensi corporate secretary.

Corporate secretary memegang peranan penting dalam perusahaan, salah satunya adalah menjembatani komunikasi antara perusahaan dengan pemangku kepentingan. Dalam pelaksanaan strategi komunikasi perusahaan, corporate secretary dapat membangun interaksi yang positif dengan pemangku kepentingan guna mendukung citra positif perusahaan.

Sebagai salah satu komitmen ICSA dalam peningkatan kompetensi corporate secretary di Indonesia, ICSA menggelar talkshow “Strategic Communication during Crisis” yang dilaksanakan di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Rabu (17/5).

Baca Juga:

“ICSA terus berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi corporate secretary di Indonesia. Kami memiliki beragam program pelatihan baik regulatory maupun non regulatory, serta pendidikan dasar hingga pendidikan tingkat lanjut bagi corporate secretary agar mereka memiliki kompetensi yang sama,” ujar Ketua Umum ICSA, Katharine Grace.

Hukumonline.com

Ketua Umum ICSA, Katharine Grace. Foto: RES

Grace melanjutkan, sebagai upaya untuk menstandarisasi kompetensi corporate secretary, ICSA telah memiliki standar kompetensi yang berlaku bagi anggota ICSA. “Seluruh anggota ICSA, wajib mempertahankan kompetensinya, salah satunya adalah dengan mengikuti program-program pelatihan yang telah dirancang sesuai kebutuhan,” kata dia.

Salah satu fungsi sekretaris perusahaan adalah memastikan penerapan aspek keterbukaan di perusahaan serta menjadi penghubung antara emiten atau perusahaan publik dengan pemegang saham, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemangku kepentingan lainnya. 

Melalui talkshow tersebut, ICSA memfasilitasi anggota corporate secretary-nya untuk menggali lebih jauh pentingnya manajemen krisis komunikasi yang setidaknya diketahui oleh corporate secretary. Di dalam situasi krisis arus informasi yang tidak terkontrol saat ini sekretaris perusahaan dirasa perlu memiliki kemampuan ini.

“Sangat penting bagi sekretaris perusahaan untuk berusaha lebih memahami peran serta dapat mengedukasi internal dan eksternal perusahaan serta pentingnya manajemen krisis komunikasi di dalam perusahaan,” imbuhnya.

Saat ini banyak perusahaan yang gaduh jika terjadi krisis yang membuat situasi menjadi tidak menentu bahkan semakin parah. Perlu penanganan khusus oleh corporate secretary Bersama corporate communication agar terhindar dari hal-hal yang fatal yang akan menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. 

Tags:

Berita Terkait