Cara Meraih Predikat Cum Laude, Magna Cum Laude dan Summa Cum Laude di Perguruan Tinggi
Terbaru

Cara Meraih Predikat Cum Laude, Magna Cum Laude dan Summa Cum Laude di Perguruan Tinggi

Untuk mendapatkan predikat Cum Laude, Magna Cum Laude dan Summa Cum Laude diperlukan kolaborasi antara cara belajar yang efektif dan maksimal.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: HOL
Ilustrasi: HOL

Penghargaan dalam dunia perkuliahan diberikan kepada mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan dengan baik. Penghargaan itu adalah berupa predikat cum laude yang berasal dari bahasa latin yang berarti pujian.

Mahasiswa yang lulus dengan predikat cum laude akan mendapat predikat pujian karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan dengan nilai tinggi dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Dalam pemberian predikat cum laude, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Setiap kriteria terdapat golongan predikat cum laude yang bisa diraih, yaitu cum laude, magna cum laude dan summa cum laude. (Baca: Mau Lulus dengan Predikat Cum Laude? Coba Tips Ini)

Cum laude, adalah predikat yang berarti ‘dengan pujian’ atau ‘kehormatan’. Agar bisa mendapatkan predikat ini mahasiswa harus memiliki IPK diatas 3,5 sampai 3,79. Tidak hanya IPK yang memuaskan, mahasiswa harus lulus dengan nilai memuaskan di seluruh mata kuliah.

Magna cum laude, memiliki makna ‘kehormatan besar’. Untuk mendapatkan predikat ini, mahasiswa harus memiliki IPK kisaran 3,8 sampai 3,9. Syarat dalam meraih predikat ini adalah mahasiswa tidak mengulang mata kuliah dan juga harus lulus tepat waktu.

Summa cum laude, predikat ini memiliki makna ‘kehormatan tertinggi’. Predikat ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki nilai sempurna untuk semua mata kuliah dan mendapat nilai akhir IPK 3,9 atau 4.0. Sama halnya dengan predikat cumlaude lainnya, mahasiswa yang menyandang gelar ini tidak boleh gagal dalam mata kuliah dan lulus tepat waktu.

Dapat menyelesaikan studi tepat waktu dengan nilai yang memuaskan merupakan impian setiap mahasiswa. Untuk mendapatkan predikat ini diperlukan kolaborasi antara cara belajar yang efektif dan maksimal.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait