BRI Jual Ringgit Malaysia
Aktual

BRI Jual Ringgit Malaysia

ANT
Bacaan 2 Menit
BRI Jual Ringgit Malaysia
Hukumonline

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) cabang Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menjual ringgit Malaysia (RM) rata-rata sebanyak 100.000 hingga 200.000 per bulan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan berkunjung ke negara itu.

Pemimpin Cabang BRI Nunukan, Fahmi Hidayat di Nunukan, Kamis (18/7) mengatakan bank membuka loket penukaran mata uang asing yang khusus melayani penukaran mata uang ringgit Malaysia. Ia mengatakan, tingginya minat masyarakat di Kabupaten Nunukan menukarkan mata uang rupiah ke ringgit ataupun sebaliknya karena mudahnya masuk ke wilayah itu melalui Nunukan.

Banyak juga tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Sabah Malaysia yang masuk atau keluar melalui Nunukan.

Kurs yang berlaku saat ini untuk satu ringgit Malaysia sebesar Rp3.200 sehingga jumlah penjualan sebesar 100.000 hingga 200.000 setara dengan sekitar Rp320 juta hingga Rp640 juta. "Mata uang Malaysia banyak sekali dan mudah masuk ke Nunukan karena setiap hari TKI maupun warga setempat berbelanja di Tawau (Malaysia)," ujar Fahmi.

Ia menyebutkan BRI Nunukan menyediakan ringgit Malaysia senilai RM 1 juta atau pada kisaran Rp3,2 miliar per tahun. Fahmi mengaku jumlah penjualan mata uang ringgit masih jauh dari target karena untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat kebanyakan menukarkannya kepada pedagang.

"Kami tidak akan melayani spekulan untuk menjual mata uang rupiah atau ringgitnya. Kita hanya melayani masyarakat umum semata dalam rangka menjaga stabilitas nilai tukar," ujarnya.

Tags: