BI Perkirakan Pertumbuhan Kredit 2013 Melambat
Aktual

BI Perkirakan Pertumbuhan Kredit 2013 Melambat

FAT
Bacaan 2 Menit
BI Perkirakan Pertumbuhan Kredit 2013 Melambat
Hukumonline

Dari hasil survey perbankan selama triwulan III-2013, Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit pada tahun ini akan melambat. Dari catatan BI, hasil survey menunjukkan bahwa pertumbuhan kredit perbankan di tahun 2013 akan mencapai 20,8 persen.

Penurunan pertumbuhan kredit ini sekaligus merevisi perkiraan BI sebelumnya yakni sebesar 22,3 persen. Otomatis, penurunan kredit tahun 2013 ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan kredit tahun 2012 yang sebesar 23 persen. Hal itu tertuang dalam info terbaru yang terdapat di website resmi BI.

Menurut BI, perlambatan pertumbuhan kredit diperoleh dari hasil survey. Dari hasil survey tercatat bahwa pada 2013 terjadi penurunan permintaan kredit baru khususnya pada kredit investasi dan kredit konsumsi. Sedangkan permintaan kredit modal kerja hasilnya masih meningkat.

“Berdasarkan kelompok bank, perlambatan permintaan kredit terutama terjadi pada kelompok bank besar, sementara permintaan kredit di kelompok bank menengah dan kecil, permintaannya masih menguat,” tulis hasil survey BI.

BI menilai, perlambatan pertumbuhan kredit ini sesuai dengan terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi domestik dan kenaikan suku bunga perbankan. Bahkan pada triwulan IV-2013, suku bunga kredit maupun suku bunga dana diperkirakan akan meningkat.

Tags: