BEI Targetkan Lonjakan IPO
Aktual

BEI Targetkan Lonjakan IPO

Mvt
Bacaan 2 Menit
BEI Targetkan Lonjakan IPO
Hukumonline

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan adanya peningkatan penawaran saham pada publik (Initial Public Offering/IPO) dari dua sektor usaha sepanjang 2011. Keduanya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan pengelola sumber daya alam.

 

Jika IPO dari dua sektor usaha marak, diharapkan kapitalisasi bursa Indonesia ikut melonjak. Saat ini, kata Direktur BEI Ito Warsito, kapitalisasi BEI hanya tertinggal dari bursa Singapura di tingkat ASEAN.

 

“Kapitalisasi di Singapura 2,7 kali dari pendapatan nasional bruto. Indonesia masih kurang dari setengahnya. Saat ini nilai total dana di BEI sebesar Rp3.000 triliun,” ungkapnya dalam sebuah perhelatan ‘investor forum’ di Jakarta, Rabu (16/2).


Ito menjelaskan, tiga bidang utama pengelola SDA yang ditarget berfokus pada perusahaan tambang, perkebunan, serta minyak dan gas. “Beberapa waktu lalu saya bicara di asosiasi migas mengenai hal ini. Tanggapannya positif,” ujarnya.


Menurut Ito, peningkatan kapitalisasi bursa akan semakin menarik minat investor asing lain untuk IPO. “Pasar modal Indonesia jadi positif dan makin baik,” tutupnya.

Tags: