Begini Usulan Serikat Buruh untuk RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak
Terbaru

Begini Usulan Serikat Buruh untuk RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak

Pemeliharaan kandungan tak hanya menjadi beban ibu karena banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan seperti situasi kerja, hingga mendorong adanya daycare bagi anak buruh.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi. Foto: RES
Ilustrasi. Foto: RES

Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) ters menggelinding pembahasannya di DPR. Terakhir, Komisi VIII DPR mengundang sejumlah organisasi masyarakat sipil dan lembaga negara untuk memberikan masukan dalam rangka pengayaan materi RUU KIA.

Ketua Federasi Serikat Buruh Persatuan Indonesia (FSBPI) Dian Septi Trisnanti, mengatakan organisasinya telah menyampaikan masukan untuk RUU KIA kepada Komisi VIII DPR. Sejumlah masukan yang diberikan antara lain batas usia anak 1.000 hari pertama kehidupan atau sampai 2 tahun sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 ayat (4) RUU KIA sebaiknya tidak dibatasi.

“Karena kalangan buruh berkepentingan mendorong daycare bagi anak buruh dan daycare itu tidak terbatas hanya 2 tahun tapi sampai usia sekolah,” kata Dian dikonfirmasi, Rabu (14/6/2023).

Baca juga:

Pemerintah harus mendukung ibu hamil memiliki kandungan yang sehat dan mekanisme kerja buruh agar tidak membebani ibu hamil. Jika pemberi kerja tidak mampu, negara harus memberikan insentif atau subsidi. Usulan itu perlu dilakukan untuk membenahi Pasal 3 RUU KIA, sehingga pemeliharaan kandungan tak hanya menjadi beban ibu karena banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan seperti situasi kerja.

Berbagai fakta yang kerap ditemui di tempat kerja selama ini seperti ruang laktasi jauh dari ruang kerja buruh atau ada digudang. Kemudian sistem kerja menggunakan target sehingga berkurangnya waktu kerja akan mengurangi target. Masih ada perusahaan yang memberikan cuti kelahiran hanya 1 bulan dan situasi kerja yang mendukung kesejahteraan ibu dan anak harus diatur dalam perubahan UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Soal cuti melahirkan 3 bulan dan tambahan cuti 3 bulan jika ada kondisi khusus yang dibuktikan dengan keterangan dokter sebagaimana diatur Pasal 4 ayat (3) RUU KIA menurut Dian ketentuan ini harus menjadi dasar untuk dicantumkan dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama. Diusulkan setiap perusahaan menyediakan fasilitas penitipan anak berbasis tempat kerja. Mempertegas ketentuan Pasal 11 ayat (2) RUU KIA, pemerintah daerah harus menyediakan fasilitas penitipan anak berbasis komunitas misalnya RPTRA difungsikan sebagai fasilitas penitipan anak.

Pasal 5 ayat (2) RUU KIA yang mengatur upah sebesar 75 persen pada bulan ke-5 dan ke-6 pada saat cuti melahirkan, pekerja dianggap sakit berkepanjangan, Dian menilai pasal ini diskriminatif bagi ibu melahirkan yang mengalami kondisi khusus seperti sakit. Aturan ini membuat ibu yang bekerja memilih untuk tetap bekerja dan tidak mengaku sakit untuk menghindari pemotongan upah.

Tags:

Berita Terkait