Akademisi Ini Sebut Pendekatan Holistik Penting untuk Solusi Palestina-Israel
Mengadili Israel

Akademisi Ini Sebut Pendekatan Holistik Penting untuk Solusi Palestina-Israel

MPR menghargai majelis umum PBB dukung keanggotaan penuh Palestina.

M. Agus Yozami
Bacaan 3 Menit
Guru Besar Hukum Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM), Sigit Riyanto. Foto: Istimewa
Guru Besar Hukum Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM), Sigit Riyanto. Foto: Istimewa

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM), Sigit Riyanto, menilai pentingnya pendekatan holistik (orcestrated solutions) dalam memikirkan solusi atas persoalan Palestina-Israel.

"Karena meskipun kemungkinan-kemungkinan positifnya ada, hambatannya juga banyak, misalnya lemahnya dukungan dari negara-negara Arab dan kuatnya dukungan barat terhadap Israel," kata Sigit dalam keterangannya seperti dilansir Antara.

Menurutnya, pendekatan itu penting dilakukan, mengingat saat ini warga dunia yang memberi dukungan terhadap kemerdekaan Palestina terus bertambah, termasuk masyarakat sipil dan kampus.

Baca Juga:

Sigit menyebutkan dari 20 negara dengan ekonomi terbesar dunia (G20), sembilan negara mengakui Palestina, yakni Argentina, Brasil, China, India, Indonesia, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, dan Turki. 72 persen anggota PBB juga mengakui Palestina.

"Dilihat secara keseluruhan, masyarakat global mayoritas mendukung dan mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Palestina," ujarnya.

Di akar rumput, selain mengemuka dukungan masyarakat sipil dan perguruan tinggi yang mendukung dan memperkuat posisi Palestina, juga kecaman atas tindakan-tindakan Israel yang bertentangan dengan hukum internasional, peradaban, serta nilai-nilai kemanusiaan universal.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait