Advokat Makassar Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum PERADI
Berita

Advokat Makassar Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum PERADI

Akan mendesak penerapan one man one vote.

ANT
Bacaan 2 Menit
Irwan Muin. Foto: Facebook
Irwan Muin. Foto: Facebook

Hiruk pikuk menjelang Musyawarah Nasional (Munas) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) tidak hanya ada di Ibukota Republik Indonesia, DKI Jakarta. Nun jauh di sana, di Makassar, Sulawesi Selatan, seorang advokat bernama Irwan Muin mendeklarasikan diri akan maju sebagai calon Ketua Umum DPN PERADI 2015-2020.

Irwan didukung oleh sejumlah advokat muda yang tergabung dalam Poros Advokat Muda Indonesia Timur (PAMIT). Juru Bicara PAMIT, Ahmad Hamzah mengatakan PAMIT mencalonkan Irwan karena PERADI membutuhkan pemimpin muda, berpengalaman dan dapat diandalkan.

Selain mengusung Irwan Muin sebagai calon Ketua Umum DPN PERADI, PAMIT juga mendesak penerapan mekanisme pemilihan one man one vote dalam Munasyang kebetulan akan digelar di Makassar, 26-28 Maret 2015. PAMIT, kata Hamzah, berharap Munas PERADI mengusung semangat demokrasi

"Deklarasi ini untuk menyambut Musyawarah Nasional di Makassar sekaligus meminta Steering Committee mengubah mekanisme pemilihan (menjadi one man one vote)," kata Juru Bicara PAMIT, Ahmad Hamzah, Jumat (13/2).

PAMIT, kata Hamzah, berharap Munas PERADI mengusung semangat demokrasi dalam bentuk mekanisme one man one vote. Hamzah mengingatkan bahwa one man one vote adalah amanat Munas sebelumnya, di Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kami selaku tuan rumah tidak ingin menjadi penonton, kami mendesak agar sistem itu harus diubah sebab sistem delegasi sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini di era keterbukaan," ujarnya.

Irwan Muin menyambut baik dukungan PAMIT atas pencalonan dirinya sebagai calon Ketua Umum PERADI. Irwan mengaku siap bertarung dalam Munas. Menurut Irwan, tahap persiapan terkait pencalonan dirinya sudah rampung, langkah berikutnya adalah membangun komunikasi. Dia mengaku siap berkoalisi dengan kandidat lainnya.

Tags:

Berita Terkait