39 Kampus Mitra University Solutions Ikuti Hukumonline Law Debate Competition 2024
Utama

39 Kampus Mitra University Solutions Ikuti Hukumonline Law Debate Competition 2024

Delegasi 39 perguruan tinggi hukum mitra University Solutions Hukumonline telah mendaftarkan diri dalam ajang Hukumonline Law Debate Competition 2024, dengan 36 diantaranya sudah mengumpulkan berkas video babak penyisihan. Hasil penilaian dewan juri akan diumumkan pada 31 Juli 2024 mendatang.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi debat. Foto: www.freepik.com
Ilustrasi debat. Foto: www.freepik.com

Menyadari kompleksitas hukum di tengah pesatnya perkembangan teknologi, Hukumonline menggelar Hukumonline Law Debate Competition 2024 mengangkat tema “Tantangan Hukum dalam Transformasi Digital di Indonesia". Terdapat 39 perguruan tinggi hukum yang mendaftarkan diri dalam kompetisi debat mahasiswa ini. Pesertanya adalah mahasiswa hukum yang tergabung dalam jaringan Mitra University Solution (Unisol).

“Mahasiswa hukum adalah stakeholder penting bagi Hukumonline. Kami percaya, rekan-rekan mahasiswa dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi praktisi dan profesional hukum terkemuka,” ungkap Chief Media & Engagement Officer (CMO) Hukumonline Amrie Hakim dalam keterangannya, Rabu (24/7/2024).

Baca Juga:

Ajang kompetisi debat hukum mahasiswa ini diharapkan menjadi salah satu langkah strategis yang dilakukan Hukumonline dalam rangka melatih mahasiswa hukum agar menerapkan pola pikir analitis dan argumentatif dengan berpijak pada referensi hukum terpercaya dari Hukumonline. “Kami yakin, mereka akan siap menjadi pemimpin masa depan yang berwawasan luas dan berintegritas tinggi,” kata dia.

Rangkaian kegiatan ini terdiri atas 4 babak. Dimulai dengan babak penyisihan sebagai babak pertama yang diselenggarakan bagi tim lolos tahap seleksi administratif. Semua tim wajib membuat video argumentasi atas mosi yang ditentukan.

Tahap selanjutnya, babak kualifikasi yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dengan sistem chamber. Pada babak ini terdapat 16 tim yang akan dibagi ke dalam 4 chamber, sehingga komposisi masing-masing chamber diisi oleh 4 tim. 

Ketiga, babak semifinal yang dilangsungkan di Jakarta secara luring dengan sistem gugur. Hanya 4 tim yang lolos akan diberangkatkan ke lokasi penyelenggaraan acara dengan biaya yang disubsidi Hukumonline. Barulah sampai di tahap terakhir, babak final yang menjadi puncak dari pertandingan Hukumonline Law Debate Competition 2024. 

Tags:

Berita Terkait